Umat Hindu Bersiap Sambut Hari Raya Galungan

Avatar photo

- Pewarta

Senin, 26 Februari 2024 - 12:33 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Berbagai kegiatan untuk mempersiapkan hari raya Galungan dan Kuningan, di mana umat Hindu merayakan kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan Adharma (Kejahatan) tampak di setiap rumah tangga umat. Janur-janur mulai dipesan, peralatan persembahyangan juga dipersiapkan.

Pasar-pasar tradisonal mulai dipenuhi warga, terutama kaum perempuan, yang menjual dan berbelanja berbagai kebutuhan hari raya. Ida Bagus Kade Arimbawa adalah seorang Ulaka (anggota keluarga pendeta yang membantu pelaksanaan upacara di Masyarakat) dari Puri (tempat tinggal Pendeta) Taman Sari Tabanan mengamati perubahan pasar setelah pemilu usai.

“Kebutuhan sarana dan prasarana bahan-bahannya itu semua agak mahal sekarang tapi bagaimanapun juga karena itu sudah kewajiban dan tanggung jawab sebagai umat Hindu ya harus dilaksanakan Galungan itu dengan rasa hikmah dan tulus,” ujar Kade kepada Seleb.News pada minggu lalu.

Sementara itu, Ida Bagus Rai Mantra, mantan walikota Denpasar yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan DPD RI 2024 mewakili Provinsi Bali, mengatakan sebagaimana biasanya pada hari raya, Kota Denpasar mulai akan tampak lebih sepi.

“Denpasar biasanya sih mulai besok mungkin ya, atau dalam dua hari sudah mulai lengang pulang kampung semua kayanya,” tambahnya.

Seorang penjual janur dan kelapa menjajakan dagangannya di salah satu area di Bali, pada 24 Februari 2024, menjelang perayaan Hari Raya Galungan. (Foto: Courtesy of Dwina Maheswara)

Rangkaian hari raya Galungan dan Kuningan bagi Umat Hindu kali ini sangat berdekatan dengan Nyepi, yang sekaligus merupakan pergantian ke tahun caka baru 1946. Ogoh-ogoh untuk malam menjelang Nyepi juga tampak sudah dipersiapkan oleh masing-masing Banjar atau unit terkecil masyarakat Bali.

Mayoritas hotel dan jasa pariwisata lainnya di Bali, yang beroperasi di Kabupaten Badung, memiliki sekitar 3.500 usaha terkait akomodasi dan jasa pariwisata. Ketua PHRI Kabupaten Badung I Gusti Agung Ngurah Rai Suryawijaya mengatakan tidak banyak perbedaan persiapan yang dilakukan oleh pelaku pariwisata di Bali terkait dekatnya tiga hari raya terbesar umat Hindu – yaitu Galungan, Kuningan dan Nyepi.

“Memang tidak ada khusus tujuan wisatawan untuk Nyepi, karena Silent Day bagi mereka sangat asing ya, during Nyepi kebetulan mereka ada di Bali mereka malah “slip out” ke Labuan Bajo trus Gili Terawang, ke Yogya, dua hari biasanya, mereka justru menghindari Nyepi hanya sebagian kecil yang ingin tahu Nyepi, suasana Nyepi,” ungkap Rai.

Ada hal yang secara khusus disyukuri oleh umat Hindu di Bali pada perayaan Galungan kali ini, yaitu kembalinya keseimbangan dan damai pada alam skala dan niskala. Umat Hindu meyakini keseimbangan ini akan menjadikan manusia lebih damai, terutama setelah berlangsungnya pemilu.

Di Amerika Serikat, diaspora Hindu Indonesia tersebar di beberapa negara bagian, yang merayakan Galungan dengan cara yang beragam. Namun kelompok umat Hindu di California dan Washington DC menunda persembahyangan bersama umat pada akhir pekan ini untuk memberi waktu umat melakukan persembahyangan di masing-masing rumah tangga pada hari Galungan, mengingat hari Rabu umumnya bukan hari libur. [my/em]

[ad_2]

Berita Terkait

Kasus Siskaeee Dkk, Polda Metro Limpahkan Berkas 12 Orang Tersangka Produksi Film Porno ke Kejati DKI
Paus akan ke Indonesia, Singapura, Timor-Leste, Papua Nugini pada 2-13 September
Lindungi Remaja dan Lawan “Sextortion,” Instagram Buat Fitur Baru yang Kaburkan Konten “Telanjang”
Wadah Makanan Ramah Lingkungan Bantu Tekan Polusi Plastik
Gereja Katolik Portugal Setujui Kompensasi Korban Pelecehan Seksual
Protes di Swedia pasca Penembakan oleh Geng Remaja
Hidangan Lebaran di Turki yang Ramah Diabetes
Pelajar Polandia Senang ada Larangan PR Sekolah

Berita Terkait

Minggu, 9 Juni 2024 - 11:47 WIB

Jaga Harga Wajar di Tingkat Konsumen, Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Beras

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:49 WIB

BI Rate Tetap 6,25 Persen untuk Perkuat Stabilitas dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi dari Dampak Global

Kamis, 16 Mei 2024 - 07:23 WIB

Bapanas Intensifkan Pemantauan dan Intervensi Program untuk Jaga Stabilitas Pangan Jelang Iduladha

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:42 WIB

Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya

Selasa, 14 Mei 2024 - 09:18 WIB

Soal Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya, Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau

Selasa, 7 Mei 2024 - 16:17 WIB

Airlangga Sebut Perlunya Aksi Berbasis Solusi bagi Disrupsi Global di Pertemuan Tingkat Menteri OECD

Selasa, 30 April 2024 - 15:58 WIB

Mencapai Sebesar Rp43,2 Triliun, Realisasi Investasi Hilirisasi di Sektor Mineral pada Kuartal I 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 13:17 WIB

Rp 2 Triliun untuk Non Infrastuktur Termasuk Promosi dan Sosialisasi, Realisasi Anggaran APBN IKN Rp4,3 triliun

Berita Terbaru