Presiden Universitas Harvard Claudine Gay Mengundurkan Diri

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 3 Januari 2024 - 13:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Presiden Harvard University Claudine Gay mengatakan dia akan mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (2/1). Keputusan tersebut mengakhiri masa jabatannya yang baru berjalan selama enam bulan namun telah dinodai oleh dugaan plagiarisme dan tentangan terkait kesaksiannya di hadapan Kongres AS tentang antisemitisme di kampus.

Gay menghadapai tekanan untuk mundur dari komunitas Yahudi di Harvard dan beberapa anggota Kongres terkait komentarnya pada sidang dengar pendapat dengan pihak Kongres pada 5 Desember lalu. Ia juga menghadapi tuduhan plagiarisme dalam karya akademisnya dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada komunitas Harvard, Gay mengatakan, keputusannya untuk mengundurkan diri “sangat sulit dan tidak dapat digambarkan dengan kata-kata.”

“Setelah berkonsultasi dengan anggota Korporasi (Harvard), menjadi jelas bahwa demi kepentingan Harvard saya harus mundur sehingga komunitas kami bisa melewati momen dengan tantangan luar biasa ini,” tulis Gay.

Harvard Corporation, lembaga yang memerintah universitas dan beranggotakan 11 anggota, mengatakan dalam sebuah email kepada komunitas bahwa anggotanya telah menerima pengunduran diri Gay dengan “perasaan sedih.” Pembantu rektor serta kepala akademis universitas tersebut, Alan Garber, akan mengambil alih posisi Gay untuk sementara waktu.

Gay, serta mantan Presiden University of Pennsylvania Liz Magill, dan Presiden Massachusetts Institute of Technology President Sally Kornbluth bersaksi di hadapan anggota DPR AS pada 5 Desember lalu terkait meningkatnya aksi antisemitisme di kampus-kampus di AS menyusul pecahnya perang antara Israel dan Hamas pada Oktober lalu.

Ketiganya menolak untuk memberikan jawaban pasti “ya” atau “tidak” ketika merespons pertanyaan dari anggota DPR AS asal Partai Republik, Elise Stefanik, yang bertanya soal apakah penyeruan genosida terhadap orang Yahudi akan melanggar peraturan kampus mereka terkait dengan intimidasi atau pelecehan. Mereka beralasan bahwa pihaknya perlu menimbang soal perlindungan kebebasan berpendapat.

Walaupun kontroversi melingkupi Gay, Harvard Corporation pada bulan lalu menegaskan bahwa akademisi perempuan itu akan memimpin kampus tersebut melalui periode panas yang terjadi akibat perang di Timur Tengah. Pihak korporasi juga mengatakan bahwa peninjauan independen terhadap karya akademis Gay tidak menemukan adanya kesalahan dalam penelitian yang Gay lakukan. Gay sendiri telah menyerahkan sejumlah koreksi terkait kesalahan sitasi dalam beberapa minggu terakhir.

Gay, yang menjadi presiden kulit hitam pertama dalam sejarah Harvard selama 388 tahun, dan anggota korporasi mengatakan dalam suratnya kepada komunitas kampus pada Selasa bahwa ia telah menjadi subjek dari serangan rasisme. [jm/lt/rs]

[ad_2]

Berita Terkait

Kasus Siskaeee Dkk, Polda Metro Limpahkan Berkas 12 Orang Tersangka Produksi Film Porno ke Kejati DKI
Paus akan ke Indonesia, Singapura, Timor-Leste, Papua Nugini pada 2-13 September
Lindungi Remaja dan Lawan “Sextortion,” Instagram Buat Fitur Baru yang Kaburkan Konten “Telanjang”
Wadah Makanan Ramah Lingkungan Bantu Tekan Polusi Plastik
Gereja Katolik Portugal Setujui Kompensasi Korban Pelecehan Seksual
Protes di Swedia pasca Penembakan oleh Geng Remaja
Hidangan Lebaran di Turki yang Ramah Diabetes
Pelajar Polandia Senang ada Larangan PR Sekolah

Berita Terkait

Minggu, 9 Juni 2024 - 11:47 WIB

Jaga Harga Wajar di Tingkat Konsumen, Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Beras

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:49 WIB

BI Rate Tetap 6,25 Persen untuk Perkuat Stabilitas dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi dari Dampak Global

Kamis, 16 Mei 2024 - 07:23 WIB

Bapanas Intensifkan Pemantauan dan Intervensi Program untuk Jaga Stabilitas Pangan Jelang Iduladha

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:42 WIB

Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya

Selasa, 14 Mei 2024 - 09:18 WIB

Soal Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya, Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau

Selasa, 7 Mei 2024 - 16:17 WIB

Airlangga Sebut Perlunya Aksi Berbasis Solusi bagi Disrupsi Global di Pertemuan Tingkat Menteri OECD

Selasa, 30 April 2024 - 15:58 WIB

Mencapai Sebesar Rp43,2 Triliun, Realisasi Investasi Hilirisasi di Sektor Mineral pada Kuartal I 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 13:17 WIB

Rp 2 Triliun untuk Non Infrastuktur Termasuk Promosi dan Sosialisasi, Realisasi Anggaran APBN IKN Rp4,3 triliun

Berita Terbaru