Kelompok Nonrelijius di AS Semakin Besar

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 3 November 2023 - 23:11 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Kalau warga Amerika ditanya mengenai agama mereka, hampir satu dari tiga orang mengatakan, tidak ada. Ini merupakan hasil survei Associated Press dan NORC Center for Public Affairs Research baru-baru ini terhadap orang dewasa AS. Survei lain menunjukkan kelompok tersebut terus berkembang selama 30 tahun terakhir.

Pada tahun 1972, hanya lima persen orang Amerika mengidentifikasi diri sebagai ateis, agnostik atau tak menganut suatu agama, kata Ryan Burge, asisten profesor ilmu politik di Eastern Illinois University dan penulis “The Nones”, buku mengenai meningkatnya jumlah warga Amerika yang tidak berafiliasi pada agama tertentu.

Sekarang ini, 30 persen orang Amerika mengaku tidak beragama, atau apa yang disebutnya the nones. Di kalangan dewasa termuda Amerika, Burge menjelaskan, jumlah the nones mungkin lebih dari 45 persen.

Pastor Ryan Burge, profesor ilmu politik di Eastern Illinois University dan penulis “The Nones” di First Baptist Church di Mt. Vernon, Ill., Minggu, 10 September 2023. (AP/Jessie Wardarski)

Menurut survei AP-NORC, setengah dari the nones itu menyebut diri ateis, yang mengatakan Tuhan tidak ada, atau agnostik, yang mengatakan tidak tahu apakah Tuhan ada, tetapi selebihnya mengatakan “secara khusus tidak menganut agama apapun.”

Mengenai orang yang ia sebut tak menganut apa pun, Burge mengatakan, “Kelompok inilah yang paling pesat pertumbuhannya di Amerika.”

Dorit Brauer pindah ke AS 20 tahun silam dan kini bermukim di Pittsburgh, Pennsylvania. Ia mengaku mempraktikkan “kehidupan yang spiritual.”

Hidupnya berubah ketika sahabatnya semasa kanak-kanak meninggal karena kanker pada usia 15. Tidak ada yang bisa menjelaskan kepadanya apa yang terjadi setelah mati. Gereja, lanjutnya, hanya menyebutkan tentang surga dan neraka.

Seorang anak perempuan melompat untuk menyentuh pintu masuk tempat suci Gereja First Baptist di Mt. Vernon, Illinois, Minggu, 10 September 2023. (AP/Jessie Wardarski)

Seorang anak perempuan melompat untuk menyentuh pintu masuk tempat suci Gereja First Baptist di Mt. Vernon, Illinois, Minggu, 10 September 2023. (AP/Jessie Wardarski)

Seorang pustakawan memperkenalkannya dengan filsafat Timur dan buku-buku mengenai meditasi. Brauer menambahkan ia ingin menciptakan pengalaman di mana orang-orang terhubung dengan diri mereka sendiri dan dunia sekitar mereka dengan lebih mendalam.

Di antara peserta meditasi pimpinan Brauer, ada Heath Papinchak. Ia dibesarkan sebagai penganut Katolik, tetapi kini tidak lagi terafiliasi dengan agama apa pun. Ia mengatakan, “Dan itulah pada dasarnya apa yang diberikan meditasi untuk saya, keintiman dengan diri sendiri dan kedekatan dengan alam, dengan Tuhan.”

Menurut Burge, kelompok the nones kurang relijius dibandingkan dengan umat Katolik, Protestan atau Yahudi, misalnya, tetapi lebih relijius atau spiritual daripada mereka yang ateis dan agnostik.

Sekelompok teman dan mahasiswa baru Universitas Missouri, dari kiri: Sylvia Debruzzi, Sarah Woods, dan Emma Komoroski, mengaku sebagai "the nones" di kampus mereka di Kolombia, Missouri, Jumat, 8 September 2023. (AP/Jessie Wardarski)

Sekelompok teman dan mahasiswa baru Universitas Missouri, dari kiri: Sylvia Debruzzi, Sarah Woods, dan Emma Komoroski, mengaku sebagai “the nones” di kampus mereka di Kolombia, Missouri, Jumat, 8 September 2023. (AP/Jessie Wardarski)

Pada Agustus lalu, Komunitas Pemikiran Bebas Pittsburgh, yang mencakup orang-orang ateis, agnostik, dan humanis, berkumpul untuk acara tahunan di North Park di luar kota Pittsburgh.

Bill Kiszycski, yang menyebut dirinya antiteis, percaya tak ada yang menimbulkan banyak kerusakan sebanyak yang disebabkan oleh agama. Ia mengatakan,”Jadi untuk menandingi itu, kita perlu punya komunitas sendiri, orang-orang dengan pemikiran yang sama, yang hadir untuk saling mendukung dan membantu.”

Hadirin lainnya, seperti Karen Campbell yang menganggap dirinya agnostik, percaya bahwa membesarnya kelompok the nones disebabkan oleh kurangnya relevansi gereja saat ini. Burge, yang juga pendeta di Illinois, menyaksikan kehadiran umat di gerejanya menyusut selama 16 tahun ini.

Peluang bagi aktivis pers pelajar, pers mahasiswa, dan muda/mudi untuk dilatih menulis berita secara online, dan praktek liputan langsung menjadi jurnalis muda di media ini. Kirim CV dan karya tulis, ke WA Center: 087815557788.

Di kota kecil Rocheport, Missouri, Mike Dulak yang telah 30 tahun menjadi pembuat mandolin, mengaku menemukan perasaan spiritual sewaktu membuat kerajinan kayu, bermain gitar, duduk di tengah alam. Dibesarkan sebagai penganut Katolik, Dulak kini termasuk kelompok “the nones”. Menjadi manusia yang baik pada orang-orang yang ia temui, sudah cukup baginya.

Dulak mendapati bahwa struktur agama sangat mengekangnya dan ia tidak ingin menjadi bagian dari organisasi manapun yang merugikan umat manusia yang tak bersalah.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Menurut statistik dan temuannya secara keseluruhan, Burge percaya bahwa dalam 40 tahun mendatang, akan ada lebih banyak orang Amerika yang tidak menganut agama dibandingkan dengan penganut Kristen. Dan ini, lanjutnya, akan menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah Amerika. [ab/uh]

[ad_2]

Investor yang serius bisa mendapatkan 100% kepemilikan media online dengan nama domain super cantik ini. Silahkan ajukan penawaran harganya secara langsung kepada owner media ini lewat WhatsApp: 08557777888.

Berita Terkait

Kasus Siskaeee Dkk, Polda Metro Limpahkan Berkas 12 Orang Tersangka Produksi Film Porno ke Kejati DKI
Paus akan ke Indonesia, Singapura, Timor-Leste, Papua Nugini pada 2-13 September
Lindungi Remaja dan Lawan “Sextortion,” Instagram Buat Fitur Baru yang Kaburkan Konten “Telanjang”
Wadah Makanan Ramah Lingkungan Bantu Tekan Polusi Plastik
Gereja Katolik Portugal Setujui Kompensasi Korban Pelecehan Seksual
Protes di Swedia pasca Penembakan oleh Geng Remaja
Hidangan Lebaran di Turki yang Ramah Diabetes
Pelajar Polandia Senang ada Larangan PR Sekolah
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 9 Juni 2024 - 11:47 WIB

Jaga Harga Wajar di Tingkat Konsumen, Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Beras

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:49 WIB

BI Rate Tetap 6,25 Persen untuk Perkuat Stabilitas dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi dari Dampak Global

Kamis, 16 Mei 2024 - 07:23 WIB

Bapanas Intensifkan Pemantauan dan Intervensi Program untuk Jaga Stabilitas Pangan Jelang Iduladha

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:42 WIB

Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya

Selasa, 14 Mei 2024 - 09:18 WIB

Soal Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya, Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau

Selasa, 7 Mei 2024 - 16:17 WIB

Airlangga Sebut Perlunya Aksi Berbasis Solusi bagi Disrupsi Global di Pertemuan Tingkat Menteri OECD

Selasa, 30 April 2024 - 15:58 WIB

Mencapai Sebesar Rp43,2 Triliun, Realisasi Investasi Hilirisasi di Sektor Mineral pada Kuartal I 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 13:17 WIB

Rp 2 Triliun untuk Non Infrastuktur Termasuk Promosi dan Sosialisasi, Realisasi Anggaran APBN IKN Rp4,3 triliun

Berita Terbaru