Imlek di Taiwan Sambut Tahun Naga dan Ramalkan Presiden AS Mendatang

Avatar photo

- Pewarta

Jumat, 9 Februari 2024 - 10:51 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

[ad_1]

Yuks, dukung promosi kota/kabupaten Anda di media online ini dengan bikin konten artikel dan cerita seputar sejarah, asal-usul kota, tempat wisata, kuliner tradisional, dan hal menarik lainnya. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Ratusan jenis karang dan ribuan kerang disusun dengan indah, menjadi hiasan cantik di dinding-dinding dan pilar-pilar kuil ajaran Tao di Taiwan. Di pilar tengah, ada seekor naga yang meliuk. Mulutnya terbuka, kakinya mencengkram sebutir mutiara hijau.

Dalam zodiak Tionghoa, setiap tahun diidentikkan dengan, dan dipercaya memiliki, karakteristik seekor hewan. Salah satunya adalah naga, simbol tahun baru yang akan dimulai 10 Februari. Hewan mistis tersebut dipercaya melambangkan keberuntungan, kekuatan, kesehatan dan kemakmuran.

Profesor Hu adalah dosen mekatronika di Selandia Baru. Ia sedang berkunjung ke Taiwan dan datang ke kuil Fufudingshan tersebut.

“Vitalitas dan kekuatan. Dua hal itu seharusnya mewakili naga. Istri saya lahir dalam tahun naga.”

Hu dan teman-temannya menyentuh patung batangan emas di dalam kuil tersebut, yang juga merupakan simbol keberuntungan.

Imlek adalah saatnya berkumpul bersama keluarga, bertemu lagi dengan teman-teman, sambil menikmati makanan dan minuman. Perayaan juga diisi dengan datang ke kuil-kuil untuk membakar dupa, menyembah dewa dan memohon keberuntungan untuk sepanjang tahun ke depan.

Para pembeli memadati pasar dan pusat pertokoan untuk melakukan persiapan perayaan Tahun Baru Imlek mendatang di pasar jalanan Dihua di Taipei, Taiwan, Kamis, 8 Februari 2024.

Banyak juga orang yang datang ke peramal untuk mengetahui nasib mereka dalam tahun baru.

Lee Hsin-fang adalah seorang peramal di Kota Taipei. Selain simbol keberuntungan, masyarakat Tionghoa menganggap naga melambangkan keagungan dan kekuatan, kata Lee.

“Dulu, kaisar dilambangkan dengan naga. Itu adalah simbol perlindungan dan keberuntungan. Banyak orang tua berharap anaknya lahir dalam tahun naga dan menjadi yang terbaik. Jadi, bisa diperkirakan lebih banyak kelahiran pada tahun 2024.”

Seorang pekerja di kuil tersebut, Kuo, setuju pada apa yang disampaikan Lee. Ia menambahkan bahwa naga sangat dihormati.

“Naga mewakili sosok apa saja, yang paling dihormati. Di Taiwan, kami percaya bahwa naga terbang tinggi di angkasa. Itu adalah simbol keberuntungan. Itu sebabnya, pada masa lalu, para kaisar mengenakan jubah dengan gambar naga.”

Kuil Kerang dan Karang Fufudingshan mulai dibangun pada 1996 dan berlangsung dua tahun. Kuil tersebut menuai kritik dari para pegiat konservasi karena cangkang dan karang yang digunakan didapat dari lokal dan dibeli dari luar negeri. Ia tidak menyebut dari mana.

Dewa yang dihormati di kuil tersebut adalah Ji Gong. Menurut mitologi Tionghoa, Ji Gong adalah biksu Budha yang hidup pada masa Dinasti Song Selatan.

Konon, Ji Gong memiliki kekuatan supernatural melalui praktik Buddhis, yang dia gunakan untuk membantu orang miskin dan melawan ketidakadilan. Ji Gong digambarkan di dalam kuil itu di salah satu jalan setapak. Ia didampingi seekor naga.

Kembali ke peramal Lee, ia juga ‘membaca’ peristiwa-peristiwa global, dengan antara lain, menyoroti pemilu di Amerika yang akan berlangsung November mendatang. Ia, katanya, ‘melihat’ masa depan yang penuh tantangan bagi mantan Presiden Donald Trump, kandidat terdepan dari Partai Republik. Trump akan menjadi penantang petahana Presiden Joe Biden dari Partai Demokrat.

Menurut Lee, “Zodiak Trump adalah anjing. Sedangkan zodiak Biden adalah kuda. Dengan menganalisis zodiak keduanya, 2024 akan menjadi tahun yang penuh tantangan dan semakin sulit bagi Trump. Dia akan lelah dengan banyak hal tahun ini. Sebaliknya, bagi Biden, tahun ini akan stabil. Jika mengupayakan stabilitas, seharusnya ia tidak akan menghadapi kesulitan.”

Imlek juga disambut meriah di Vietnam dan Thailand.

Di Vietnam, Imlek disebut Tet. Warga di sana berbelanja di pasar tradional yang didekorasi dengan banyak warna merah dan emas.

Bagi masyarakat Vietnam, Tet adalah kesempatan berkumpul bersama keluarga dan rileks setelah bekerja keras sepanjang tahun.

Di Thailand, pesta menyambut Imlek di mal-mal dimeriahkan dengan Barongsai. Di Bangkok, perayaan tahun baru berlangsung empat hari. [ka/ab]

[ad_2]

Berita Terkait

Kasus Siskaeee Dkk, Polda Metro Limpahkan Berkas 12 Orang Tersangka Produksi Film Porno ke Kejati DKI
Paus akan ke Indonesia, Singapura, Timor-Leste, Papua Nugini pada 2-13 September
Lindungi Remaja dan Lawan “Sextortion,” Instagram Buat Fitur Baru yang Kaburkan Konten “Telanjang”
Wadah Makanan Ramah Lingkungan Bantu Tekan Polusi Plastik
Gereja Katolik Portugal Setujui Kompensasi Korban Pelecehan Seksual
Protes di Swedia pasca Penembakan oleh Geng Remaja
Hidangan Lebaran di Turki yang Ramah Diabetes
Pelajar Polandia Senang ada Larangan PR Sekolah

Berita Terkait

Minggu, 9 Juni 2024 - 11:47 WIB

Jaga Harga Wajar di Tingkat Konsumen, Pemerintah Resmi Tetapkan Harga Eceran Tertinggi Beras

Kamis, 23 Mei 2024 - 11:49 WIB

BI Rate Tetap 6,25 Persen untuk Perkuat Stabilitas dan Jaga Pertumbuhan Ekonomi dari Dampak Global

Kamis, 16 Mei 2024 - 07:23 WIB

Bapanas Intensifkan Pemantauan dan Intervensi Program untuk Jaga Stabilitas Pangan Jelang Iduladha

Selasa, 14 Mei 2024 - 11:42 WIB

Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya

Selasa, 14 Mei 2024 - 09:18 WIB

Soal Perkembangan Tingkat Inflasi di Wayahnya, Kemendagri Minta Seluruh Pemerintah Daerah Pantau

Selasa, 7 Mei 2024 - 16:17 WIB

Airlangga Sebut Perlunya Aksi Berbasis Solusi bagi Disrupsi Global di Pertemuan Tingkat Menteri OECD

Selasa, 30 April 2024 - 15:58 WIB

Mencapai Sebesar Rp43,2 Triliun, Realisasi Investasi Hilirisasi di Sektor Mineral pada Kuartal I 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 13:17 WIB

Rp 2 Triliun untuk Non Infrastuktur Termasuk Promosi dan Sosialisasi, Realisasi Anggaran APBN IKN Rp4,3 triliun

Berita Terbaru